:::: MENU ::::

Wednesday 28 September 2016



Dewasa ini banyak orang yang mulai tertarik dengan ilmu astronomi, mungkin karena memiliki hal- hal yang menarik dan memiliki banyak misteri yang belum terpecahkan. Ilmu Astronomi dapat dikatakan ilmu yang mempelajari tentang perbintangan, benda - benda langit, luar angkasa, bahkan alam semesta.
Secara umum, Ilmu Astronomi adalah cabang ilmu alam tentang pengamatan benda - benda langit seperti galaksi, nebula, komet, dsb, yang berada di atas lapisan bumi baik menggunakan alat bantu ataupun dengan mata telanjang.
Ilmu ini secara pokok mempelajari hal - hal tentang benda langit seperti :
  • Asal usul benda langit
  • Sifat fisika/kimia dari benda langit
  • Meteorologi
  • Gerak benda langit
Sejarah Perkembangan Ilmu Astronomi
Ilmu Astronomi adalah salah satu ilmu pengetahuan tertua dalam sejarah manusia. Manusia telah menggunakan Ilmu Astronomi selama ribuan tahun untuk menentukan segala kebutuhan manusia. Ilmu Astronomi telah dipelajari oleh bangsa Mesir yang dapat diketahui dari artefak - artefak kuno, kemudian pada peradaban Yunani, Maya, Cina, Mesir, dan Babilonia juga didapati melakukan pengamatan benda - benda langit.

Pada zaman dahulu, orang - orang melakukan pengamatan benda langit dengan mata telanjang tanpa menggunakan alat bantu. Ilmu astronomi pada zaman dahulu digunakan manusia untuk menentukan musim, cuaca, dan iklim. Ketiga hal tersebut sangat berguna bagi manusia pada zaman dahulu untuk menentukan waktu memulai bercocok tanam atau menentukan panjang tahun. 

Sebelum ditemukannya alat - alat modern seperti teleskop, manusia pada zaman dahulu melakukan penelitian terhadap benda - benda langit menggunakan bantuan dari bangunan - bangunan atau daerah dataran tinggi. Hingga pada akhirnya, teleskop ditemukan oleh Galileo Galilei yang pada akhirnya temuan tersebut dikembangkan oleh Sir Issac Newton dengan penemuannya yaitu teleskop refleksi.

2 comments: